Pages

Saturday 26 March 2011

Supermoon

       " ...a new or full moon which occurs with the Moon at or near (within 90% of) its closest approach to Earth in a given orbit (perigee). In short, Earth, Moon and Sun are all in a line, with Moon in its nearest approach to Earth." Richard Nolle 1979

Fenomena Supermoon menjadi suatu hal yang baru kudengar. Beberapa minggu yang lalu, televisi-televisi memberitakan tentang fenomena supermoon yang terjadi 18 tahun sekali itu (supermoon ekstrem) dan kebetulan terjadi pada 19 Maret 2011.
                Jadi, Supermoon itu adalah fenomena dimana bulan berada di titik yang paling dekat dengan bumi, pada supermooon kemarin, diperkirakan bulan berjarak kurang lebih 356.777 km dari bumi yang biasanya berjarak 364 km. Akibatnya, bulan jadi terlihat lebih besar sekitar 14%. Kalau diamati dengan mata telanjang, perbesaran nampak bulan ini tidak terlalu jelas, apabila diamati dengan alat yang memadai seperti teropong, barulah kita bisa meihat bulan dengan jelas hingga ke permukaannya. 
               Nama supermoon sendiri diciptakan oleh seorang peramal bernama Richard Nolle pada 1979 :       " ...a new or full moon which occurs with the Moon at or near (within 90% of) its closest approach to Earth in a given orbit (perigee). In short, Earth, Moon and Sun are all in a line, with Moon in its nearest approach to Earth." Namun nama supermoon ini tidak terlalu diterima kalangan ilmuwan, jadi mereka lebih suka menyebutnya perigee-syzygy. Perigee adalah ketika bulan berada di titik terdekat ke bumi, dan syzygy adalah bulan penuh atau purnama saat bumi, bulan, dan matahari berada sejajar. Jadi, supermoon adalah peristiwa dari kombinasi dua peristiwa tersebut, meskipun tidak selalu perigee dan syzygy terjadi secara bersamaan. sygyzy terjadi maksimal 12 jam dari perigee selama supermoon dan 1 jam dari perigee selama supermoon ekstrem. 
perbandingan ukuran bulan biasa dan saat supermoon

     Supermoon ini menimbulkan kenaikan tinggi permukaan laut, yang dapat menyebabkan air pasang menjadi kurang lebih 18% lebih tinggi dari biasa. Namun, Nolle mengatakan kurang lebih dalam 3 hari setelah peristiwa supermoon, bumi akan dilanda bencana. dan nampaknya kata-kata Nolle ini terjadi pada Maret ini, beberapa hari setelah peristiwa Supermoon pada 19 Maret 2011, gempa berkekuatan 9 SR dan tsunami menghantam Jepang dan beberapa negara lainnya di pesisir Samudra Pasifik pada 21 Maret 2011. namun, itu bukan berarti kata-kata Nolle itu benar, mungkin, itu hanya sebuah kebetulan.

 


http://en.wikipedia.org/wiki/Supermoon

No comments:

Post a Comment