Pages

Sunday 12 December 2010

Pengenalan Tokoh (Fabel: Falki dkk.)

Falki
Falki adalah seekor burung Peregrine Falcon atau Alap-Alap Kawah yang punya nama latin Falco peregrines yang masih kecil. Falki berwarna kelabu-biru dan berparuh besar dan lancip warna kuning dengan hitam di ujungnya and berekor pendek. Falki termasuk jenis falcon yang terbesar, panjang badan keluarga Falki sekitar 50 cm. Falki sendiri panjangnya 30 cm. Falki adalah seekor karnivora, yaitu pemakan daging. Biasanya makanan Falki adalah binatang-binatang kecil.


Kavor
Kavor ini teman dekatnya Falki, Kavor adalah seekor burung hering (pemakan bangkai) mesir. Nama lainnya egyptian vulture dan nama latin keluarga Kavor adalah Neophron percnopterus. Keluarga Kavor sekaran sulit sekali ditemukan, karena termasuk hewan langka. Kavor bilang saudara-saudaranya sekarang hanya ada di Eropa barat daya (seperti  Afrika bagian utara (seperti Mesir dan Aljazair), dan Asia bagian selatan (seperti India dan Sri Lanka). Meski Kavor adalah pemakan bangkai, tapi Falki dan kawa-kawan tidak takut berteman dengan Kavor, karena mereka tahu Kavor hanya memakan bangkai. Dan hanya reputasi saudara-saudara jauh Kavor saja yang jelek, Kavor sendiri pemberani, sangat setia kawan, dan sangat melindungi teman-temannya.


Lovus
Ini teman Falki yang imut-imut, jangan salah loh mengiranya betina, dia ini jantan tulen. Lovus adalah anggota keluarga Lovebird Kepala Abu-Abu yang nama latinnya Agapornis canus Tempat asli keluarga Lovus adalah Madagaskar, sebenarnya keluarga Lovus-Lovebird Kepala Abu-Abu- hanya bisa ditemukan disana, tapi karena ayah dan ibu Lovus suka bertualang jadi mereka bertemu keluarga Falki dan kawan-kawan. Tubuh keluarga Lovus kecil, hanya sekitar 15 cm dan mereka berekor pendek tapi berparuh besar. Lovus sendiri adalah teman yang baik hati dan penyayang, dan yang paling hebat, keluarga Lovus menganut monogamy, yaitu hanya memliki satu pasangan. Lovus adalah pemakan buah dan biji-bijian atau herbivora.



Kirl
Satu lagi teman Falki dari negara yang jauh, Kirl. Kirl adalah seekor burung I’iwi, burung khas Hawaii yang sudah langka. Nama latin keluarha Kirl-burung I’iwi- adalah Vestiaria coccinea. Kalau Lovus bisa sampai karena kedua orangnya dalah penerbang dan petualang hebat, beda cerita dengan Kirl, Kirl sampai ke Afrika karena ditangkap oleh seorang pemburu dan dijual pada seorang miliarder pencinta binatang, akhirnya Kirl dibebaskan, tapi seorang teman Kirl dibawa untuk diteliti dan ditangkarkan. Jadi Kirl tidak mempunyai orang tua, sekarang Kirl tinggal bersama Paman Hanru. Kirl punya paruh yang unik, bentuknya tipis, panjang, dan melengkung. Bandannya juga kecil seperti Lovus. Kirl sangat ramah dan baik. Sama seperti Lovus, Kirl adalah herbivore.



Ka Lang
Ka Lang atau Langlung adalah elang emas atau yang nama latinnya Aquila chrysaetos. Ka Lang ini petualang dan penerbang hebat, dia sering berpergian ke negeri jauh dan datang membawa cerita untuk Falki dkk. Rumah asli keluarga ka Lang sendiri di Amerika Utara (seperti Amerika dan Kanada). Ka Lang lebih tua dan jauh lebih besar dari Falki dkk., keluarga Ka Lang besar badannya saja 1 m. coba bandingkan dengan Falki dkk., jauh deeh. Meski begitu, Ka Lang tidak suka merasa yang paling hebat yang membuat Falki menyukainya. Ka Lang juga sangat humoris loh. Tapi begitu-begitu juga Ka Lang hewan yang hebat, pengelihatannya sangat sangat amat tajam. Dia adalah karnivora seperi Falki dan Kavor.


Paman Hanru
Ini dia pemimpin Falki dkk., Paman Hanru, seekor Burung Hantu Kelabu Besar yang nama latinnya Strix nebulosa (?) Keluarga Paman Hanru punya banyak nama, selain nama tadi, ada Great Gray Owl, Great Gray Ghost , Phantom of the north, cinerous owl, spectral owl, lapland owl, spruce owl, bearded owl dan sooty owl. Keluarga Paman Hanru termasuk burung hantu yang pertama kalli di deskripsikan oleh manusia. Ada satu hal keistimewaan Paman Hanru dan keluarganya yang membuat Falki dkk. Iri, bahkan Ka Lang pun iri, yaitu kemampuan memutar kepala hingga 180ยบ atau memutar kepala penuh kepalanya hingga menghadap belakang. Paman Hanru sangat bijaksana, penyayang, tapi juga humoris dan juga tidak membosankan, dan yang paling penting adalah berjiwa muda! Sebenarnya keluarga Paman Hanru adalah nocturnal (hewan yang berkegiatan pada malam hari, contohnya kelelawar) tapi dia lebih suka berpergian pada siang hari layaknya yang lain. Mungkin karena sejak kecil Paman Hanru lebih suka cahaya ya daripada kegelapan. Dia adalah karnivora

No comments:

Post a Comment