Pages

Thursday 8 March 2012

lebih baikkah?

lebih baik bukan berarti selalu lebih baik

hari ini kayanya aku dapet  hal yang jadi titik berat dari tagline diatas tadi. mungkin aneh ya, kenapa yang lebih baik itu bukan berati lebih baik, padahal biasanya dimana mana yang bagus tuh yang lebih baik kan? ternyata ga selalu juga, berdasarkan apa yang aku liat hari ini.
belum tentu mereka yang lebih baik-selalu ada di posisi atas- siap mental saat sesekali mereka jatuh ke bawah. mudahnya, mereka siap menang tapi tidak siap kalah, biasanya ini terjadi karena mereka selalu menang. ternyata mental orang yang sering jatuh dan sering berada di bawah bisa dikatakan lebih baik daripada mereka. mereka yang sering jatuh selalu mencari cara bagaimana untuk berdiri lagi, lagi dan lagi


dan untuk tidak jatuh karena tersandung hal yang sama. ternyata golongan orang ini siap untuk menang, tapi siap juga untuk kalah. mereka siap saat mereka dipandang sebelah mata oleh orang lain saat mereka jatuh, karena mental mereka telah merasakan hal ini dan telah siap. biasanya mereka tidak terlalu larut dalam keterjatuhan mereka, mereka mengoreksi apa yang salah dari sebelumnya dan terus berusaha meskipun nantinya bukan mereka yang menjadi yang terbaik. 
tapi disaat mereka yang terbiasa dengan keadaan yang bagus diatas terjatuh ke bawah, mereka nampaknya lumayan terpukul. disaat orang lain menanyakan tentang hal yang bersangkutan dengan kejatuhannya, tak jarang mereka merasa tersinggung dan.. begitulah, padahal sadarkah mereka itu pertanyaan yang sering mereka lontarkan pada orang-orang yang sering terjatuh, dan pertanyaan mereka selalu dijawab dengan 'apa adanya'. menurutku, mereka hanya belum siap untuk jatuh dan dilihat oleh orang lain yang biasa terjatuh kalau dia sedang jatuh. sedikit tidak adil memang, tapi semua selalu seperti itu. dan mereka biasanya tidak mau membahas hal tentang kejatuhan dirinya, padahal biasanya mereka menjadikan orang yang sering terjatuh bahan candaan. 

menurut pengamatan pribadi, nampaknya mereka yang kurang siap jatuh itu terlalu sering dan nyaman dalam kondisi diatas, yang sangat jarang memikirkan bagaimana kalau aku jatuh nanti, atau bagaimana caranya bangun jika aku sudah jatuh sedalam ini. mereka hanya belum siap saat keadaan sedikit berubah liar kepada mereka. 
dan disaat lainnya mereka yang sering terjatuh tentu telah mengenal karakteristiknya lebih baik dan setidaknya menemukan satu cara agar tidak terjatuh kembali. dan dampaknya, mereka tidak terlalu terpuruk saat mereka jatuh lagi. 

ini cuma masalah keadaan yang suka membolak-balikkan keadaan dan terkadang berubah menjadi sedikit liar. akan lebih baiknya jika kita menjadi orang yang selalu diatas tapi memiliki mental kuat milik orang yang sering terjatuh-yang sering terjatuh ini seorang manusia pembelajar tentunya.

bukankah kita sering mendengar orang yang sukses masa kini adalah orang yang sering gagal. 1000 kali gagal, tahu 1000 cara untuk tidak gagal dan sukses. percayalah, Edison made it!

No comments:

Post a Comment